Pusat Info Tempat Wisata Tujuan Bali


Pura Jagatnata

Pura Jagatnata Denpasar BaliSecara harfiah, pura Jagatnata berasal dari dua suku kata, yaitu kata Jagat yang berarti wilayah atau daerah serta kata Nata yang berarti Raja atau pemimpin. Jadi pura Jagatnata berarti pura raja di suatu wilayah.

Pura Jagatnata memang tersebar di hampir setiap kabupaten di Bali seperti Jembrana, Buleleng ataupun Denpasar. Hal ini sesuai dengan pembagian wilayah kerajaan jaman dulu, dimana untuk setiap kerajaan Bali pasti akan memiliki pura wilayah tertentu, sehingga setelah sistem kerajaan sudah tidak berlaku lagi di Bali, namun pura-pura tersebut masih tetap ada.

Untuk wilayah Denpasar Bali, pura Jagatnata berlokasi jalan Mayor Wisnu tepatnya di sebelah timur lapangan Puputan. Kawasan ini berdekatan dengan patung Catur Muka yang kerapkali menjadi sentral upacara Pecaruan menjelang hari raya Nyepi. Selain itu, lokasi ini merupakan pusat pemerintahan kota Denpasar dengan kantor walikota yang berada tepat di sebelah barat lapangan.

Pura ini ramai dikunjungi pada hari-hari raya tertentu, seperti Purnama, Tilem ataupun Kajeng Kliwon. Puncak ramainya akan terjadi pada hari raya Siwaratri, dimana di pura ini akan diadakan sembahyangan tengah malam yang menjadi tonggak perubahan hari.

Sejarah berdirinya pura ini tidak diketahui karena berhubungan dengan sejarah kerajaan-kerajaan di Bali. Letaknya yang berdampingan dengan lapangan Puputan menjadikan pura ini juga menjadi tempat wisata. Pengunjung rata-rata merupakan turis lokal yang menghabiskan akhir pekan dengan keluarga.

Pura Jagatnata Denpasar Bali     Pura Jagatnata Denpasar Bali

Halaman pura merupakan sebuah areal pedestrian yang kerap dijadikan lokasi pameran pada acara tertentu, terutama tujuhbelasan. Begitu pula dengan lapangan Puputan. Pada pagi serta sore, areal ini menjadi tempat olahraga bagi masyarakat kota Denpasar.

Untuk mencapai tempat ini sangatlah mudah. Lokasinya sangat strategis. Tidak ada retribusi untuk memasuki tempat ini, Anda hanya dikenakan retribusi parkir yang sekarang nominalnya adalah Rp 1.000 untuk motor dan Rp 2.000 untuk mobil.

Incoming search terms: sejarah pura jagatnatha di klungkung, daftar pura jagatnata di bali, kantor yg di jagatnata, lokasi pura jagatnata di bali, pura jagat nata jembrana, sejarah pura jagatnata, sejarah pura jagatnata denpasar.

Komentar »

0 Komentar

Beri Komentar